Monday 4 August 2014

Apa Itu Fashion?

Apa Itu Fashion? 


Selama berabad-abad individu atau masyarakat telah menggunakan pakaian dan perhiasan tubuh lainnya sebagai bentuk komunikasi nonverbal untuk menunjukkan pekerjaan, pangkat, jenis kelamin, ketersediaan seksual, lokalitas, kelas, kekayaan dan afiliasi kelompok.


 Fashion adalah bentuk kebebasan berbicara. Fashion tidak hanya mencakup pakaian, tetapi juga aksesori, perhiasan, gaya rambut, keindahan dan seni tubuh. Apa yang kita kenakan dan bagaimana dan kapan kita memakainya.



Mode sebagai Sistem Penandaan 


Fashion adalah bahasa tanda-tanda, simbol dan ikonografi non-verbal yang berkomunikasi tentang makna individu dan masyarakat. Mode dalam segala bentuknya dari mulai pusar bertato dan ditindik, gaya rambut terbaru, adalah bentuk terbaik dari ikonografi yang membantu kita mengungkap identitas individu. Hal ini memungkinkan untuk membuat diri kita mengerti dengan cepat identitas seseorang maupun masyarakat.


Mode sebagai Barometer Perubahan Budaya 


Bagaimana kita memandang keindahan atau keburukan tubuh kita tergantung pada sikap budaya terhadap ilmu fisiognomi (ilmu firasat). Bentuk indah perempuan yang dilukis secara Ruben Painting  sadar atau  tidak sadar tidak diinginkan pada saat ini, jika kita ingin dianggap cantik dengan cara yang mayoritas diterima di abad 21.


Hari ketidakmampuan untuk refashion dan membentuk kembali tubuh kita sementara terus-menerus memantau ideal budaya membuat kita gagal tes fashion. Mereka yang lulus tes mode selalu menghabiskan hidup mereka diserap dalam lingkaran diet, olahraga, operasi kosmetik dan rezim lainnya. Ini termasuk kerasnya belanja untuk mencari pakaian utama.




Stratifikasi  Kelas 




Dahulu, ada semacam kelompok pembentuk kelas yang disebut Edwardians (baca: Fashion Era Edwardian). Edwardians adalah ahli dalam seni peran. Mereka punya waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan pola-pola perilaku baru yang dibentuk oleh Victoria. 

Edwardians dikelompokkan secara sosial menjadi mereka yang mengenakan pakaian yang dibuat untuk peran sosial lain. Masyarakat miskin hanya akan tampak miskin, karena pakaian mereka sendiri mengkhianati mereka. Sementara orang kaya yang kaya menampilkan kekayaan mereka melalui ikonografi tanda-tanda dan simbol-simbol yang meningkatkan citra tubuh mereka di mata orang-orang yang menganggap diri mereka sebagai inferior secara sosial.


Peran 

Peran dan kegiatan berkaitan erat dengan apa yang dikenakan orang. Orang-orang dipengaruhi oleh peran sosial mereka, meliputi pacar,  saudara, teman, suami, ibu, ayah, kakek-nenek, pengusaha, pelanggan, klien, rekan kerja, rekan bisnis, teman sebaya dan lainlain

Orang-orang yang terlibat dengan interaksi pembeli mempengaruhi pembelian akhir. Alat fashion memberikan tanda-tanda dan simbolisme yang berfungsi sebagai layanan informasi peran.

Orang-orang begitu sadar bahwa orang lain membuat penilaian tentang mereka melalui pakaian dan aksesoris mereka. Orang yang memiliki satu peran dalam sosial sering mendorong mereka untuk melakukan hal yang sama. Hanya individu dengan rasa yang kuat akan identitas diri yang akan bertahan dari gempuran tren fashion.

Pekerjaan, Status, Dan Tujuan Pakaian 

Mereka yang memiliki pekerjaan berstatus tinggi akan mengenakan pakaian yang mereka pikir orang lain mengharapkan mereka untuk memakainya. Mereka tidak ingin mengalami konflik peran dengan mengenakan pakaian yang salah. Ini adalah dari cara seseorang untuk mendapatkan kesan pertama dari orang lain. Mereka memberikan petunjuk mental untuk status seseorang dan peran kerja, serta menjadi sarana yang sesuai dengan harapan rekan kelompok. 

Pakaian juga memiliki fungsi utilitarian yakni memberikan perlindungan dari hangat, dingin atau aman. Pakaian juga bertindak sebagai bantuan untuk menampilkan kesopanan atau ketidaksopanan pemakainya.

Keadaan pakaian seseorang identik dengan harga diri dan merupakan tanda kehormatan. 

'The Theory of Leisure Class' Veblen

Thorstein Veblen ekonom asal AS menulis buku The Theory Of The Leisure Class tahun 1899 menyatakan bahwa pakaian sebagai ekspresi kekayaan yang fungsional, dengan fakta bahwa pakaian tersebut mencegah pemakainya terlibat dalam tenaga kerja manual. Juga karena desain yang dibuat dirancang agar mereka membutuhkan bantuan orang lain untuk berpakaian dan menjaga pakaian dalam kondisi bersih. 

Veblen mengabdikan seluruh bab dari bukunya dengan judul "Pakaian sebagai budaya ekspresi finansial" 

Dia menulis '... pakaian selalu menjadi bukti dan memberi indikasi berupa uang untuk semua pengamat pada pandangan pertama. Oleh karena itu, pakaian tidak hanya harus mahal, tetapi juga harus membuat jelas bagi semua pengamat bahwa pemakainya tidak terlibat dalam setiap jenis kerja yang produktif ... '

Menurut Veblen, konsumsi mode dekade 1980-an secara bertahap mengalami peningkatan mencolok. Hingga satu abad kemudian tahun 1980-an konsumsi berlebihan terjadi di ranah fashion. Perilaku Fashionable adalah lambang limbah yang mencolok, namun bentuk paling murni dari bantuan dalam kegelisahan masyarakat yang meningkat.

Simbol Status 

Salah satu bentuk yang paling disukai dari pembedaan semiotik adalah fashion, karena mudah bagi orang lain untuk mengamati pakaian modis, aksesoris dan perhiasan tubuh secara sekilas. Barang-barang insidental (tidak rutin), terutama merek sepatu dan tas tertentu, perhiasan, aksesoris dan gaya rambut bertindak juga sebagai simbol status penting. 

Pertama - sebuah mode disetujui oleh orang lain. 
Kemudian - Sebuah mode disalin karena persaingan.

Akhirnya - sebuah mode diganti karena menjadi biasa dan telah berhenti memenuhi fungsinya. 

Simbol status  bisa dilihat dari apa saja seperti anting-anting berlian solitaire atau mode terbaru anting-anting emas untuk memasang logo merek jeans dengan gaya dan warna tertentu. 

Keseragaman 

Beberapa orang secara naluriah tahu bagaimana tampil terhormat untuk mayoritas melalui pakaian mereka. Munculnya Uniform Perusahaan yang diadopsi oleh bank dan lembaga serupa pada 1980-an menunjukkan betapa pentingnya seragam sebagai sarana untuk membedakan satu orang dengan yang lain secara langsung. 

Seragam Kerja 

Mengenakan seragam kerja menempatkan seorang karyawan dalam posisi kiasan visual. Kita belajar dengan cepat untuk mengasosiasikan seragam yang berbeda dengan konsepsi peran yang lain dengan harapan yang berbeda. Kita menghubungkan seragam polisi dengan otoritas, hukum, ketertiban dan layanan. Demikian juga kita mengasosiasikan seragam perawat atau paramedi dengan pelayanan, perawatan, perlindungan dan pengasuhan. Sebaliknya topi yang dikenakan karyawan restoran akan diasosiasikan dengan kesenangan.

Ketika orang memakai seragam mereka mengadopsi apa yang mereka pikir sebuah lambang.


Mass Youth Uniform

Anak-anak muda pada umumnya mengadopsi "seragam" kelompok sebaya mereka. Namun seragam harus khusus dikenakan oleh grup tertentu, tidak dikenakan oleh orang dewassa. Mode dalam bentuk mass youth uniform dapat menciptakan perasaan matang pada kepribadian remaja.

Untuk mayoritas, banyak simbol status, baik itu merek, atau logo dapat menghilangkan identitas sebuah kelompok. Sebuah merk seakan-akan menarik pemuda untuk berteriak "Saya harus memilikinya sekarang". Dengan menjadi yang terbaru, dapat memberikan tanda tak terucap tentang seseorang. Sangat penting untuk memiliki aksesori fashion terbaru, untuk mendapatkan persetujuan rekan instan. 

Mass youth uniform juga dapat berperan melawan pemakai individu, seperti kasus larangan memakai topi Burberry di pub atau klub kota karena diasosiasikan dengan pertempuran dan perilaku anti sosial. Di Inggris pada Mei 2005, pemuda yang mengenakan hoodies dilarang masuk pusat perbelanjaan semacam Bluewater. Karena di-asosiasi semua orang yang mengenakan pakaian itu biasanya menyembunyikan wajah mereka dengan hoodie saat mereka mengutil, untuk menghindari sorotan CCTV.

Produksi Teknologi Tekstil Masal 

Semenjak perang dunia pertama dan kedua, teknologi produksi masal sudah mulai dikembangkan. Penjahitan kain dan pakaian laki-laki secara bersamaan dengan spesifikasi yang mirip awal mulanya banyak dilakukan di Inggirs. Pada tahun 1950 jumlah perempuan yang membeli baju di toko retail meningkat dan mulai meninggalkan penjahit-penjahit eceran.

Contohnya, Department store seperti Debenhams terus bergerak dan bereksperimen dengan kain baru dan design baru. Pada tahun 1990-an mereka menggunakan desainer seperti Jasper Conran untuk merancang koleksinya.

Pilihan benang yang menarik, jenis motif dan tekstur kain terbaru tersedia secara luas setelah tahun 1960. Ke-ekslusifan bahan baru dan teknik tailor yang awalnya hanya dimiliki oleh Haute Couture (baca tentang Haute Couture) mulai sirna karena mulai tersaring oleh pasar massal. 

Pengaruh Pemuda Terhadap Fashion Dunia

Kultus pemuda pada 1950-an menjadi kekuatan utama bagi perkembangan dunia fashion awal tahun 1960. Pengaruh lain yang memberikan kontribusi ialah teknologi seperti bioskop, televisi yang secara mudah ditemui di rumah-rumah biasa dan perubahan sikap dan nilai-nilai setelah mengenal pil KB. Cakupan global dari mood masyarakat diserap dari bioskop, televisi dan majalah-majalah. Dunia memiliki akses cepat terhadap tren terbaru dan mode secepat gambar yang dengan mudah diganti.

Hari ini apa yang orang lihat di televisi atau ketika berselancar di Internet segera menjadi diterima dengan sangat cepat dan langsung diserap kedalam kehidupan sehari-hari. Kenyamanan teknologi dapat memungkinkan seseorang untuk berbelanja dan menganggap sebuah item layak dibeli meskipun tidak mencobanya secara langsung.

Siklus mode 

Kaum pemuda tidak selalu dominan dalam sejarah mode. Sampai Era Victoria, dibutuhkan 10-15 tahun untuk menyerap tren fashion dari negara lain. Era Edwardian tahun 1901, fashion mulai bergerak dalam siklus tahunan. Setelah  infrastruktur kereta api dan komunikasi masa antar negara dan kota membaik, siklus mode berkembang begitu cepatnya. Yang pada asalnya era Edwardian tahun 1901, fashion bergerak dalam siklus tahunan. 

Emansipasi wanita dan kontribusi dari wanita semua kelas di perang 1914-1918 mendorong wanita untuk mengadopsi pakaian yang lebih praktis dan mencoba gaya baru di dunia fashion, rambut dan kecantikan. 


Hari ini fashion dan kecantikan dapat dengan mudah terjangkau bagi semua orang. Selalu ada produk massal yang bergerak begitu cepat sehingga mode sekarang bergerak dalam siklus mingguan dan tren fashion yang panas hanya bertahan untuk waktu yang singkat saja. 

No comments:

Post a Comment