Monday 4 August 2014

Mengenal Seluk Beluk Fashion Tingkat Tinggi, Haute Couture

Apa itu Haute Couture? 

Pakaian dan sejarah Mode tidak akan sama tanpa Haute couture.

Haute Couture adalah ungkapan dari Perancis untuk fashion yang 'high'. Couture berarti menjahit, dan haute berarti elegan atau tinggi, sehingga dua gabungan menyiratkan kesenian yang sangat baik dengan penciptaan pakaian. Pembelian garmen model haute disesuaikan dengan desain fashion dan konstruksi pakaian yang dibuat oleh rumah desain couture. Sebuah model haute couture pakaian dibuat khusus untuk ukuran dan bentuk tubuh pemakainya. Haute Couture dibuat untuk mengukur pakaian secara eksklusif yang hampir keseluruhan prosesnya dibuat dengan tangan, dan secara cermat dan teliti, demi kepuasan setiap klien

Biaya  Haute Couture 

Tanggungan pada desain rumah Haute Couture, biaya item couture berkisar £ 10.000 - £ 40.000 untuk blus sederhana dan sering juga melampau angka tersebut. Chanel couture pada tahun 2002 dipatok seharga £ 20.000. Pada pertengahan tahun 2004, gaun malam dipatok dengan harga £ 50.000. Bagi mereka yang tidak kaya, sulit untuk memahami mengapa harganya begitu tinggi, tetapi harga sedemikian mahal diantaranya untuk pelayanan, pengerjaan, orisinalitas dari desain yang unik dan bahan dari kualitas terbaik.

Selain itu klien akan mendapatkan kesempurnaan dan hanya cocok untuk tubuh klien. Tenaga kerja manual yang dibutuhkan untuk menghasilkan pakaian dengan cara ini memakan waktu antara 100-150 jam untuk jas dan hingga 1000 jam untuk gaun malam. Gaun malam memiliki ribuan manik-manik yang dijahit tangan oleh perusahaan ahli bordir dan manik-manik terkenal di Paris yakni Lesage, didirikan pada tahun 1922 oleh Albert Lesage.

Sebuah rumah couture seperti Chanel misalnya memiliki sekitar 150 klien yang biasa membeli couture dan rumah couture seperti Dior akan membuat sekitar 20 couture gaun pengantin per/tahun.

Kain Ekslusif Haute Couture

Kain yang tersedia di rumah couture akan sangat mewah, termasuk kain terbaru dan sutra mahal, wol halus, cashmere, katun, linen, kulit, suede, jenis kulit lainnya atau bulu. Dalam hal desain, rumah couture yang terkenal memiliki bahan-bahan yang ekslusif dan tidak akan tersedia di tempat lainnya.

Keahlian yang luar biasa, ide segar dan dan nama-nama yang dipublikasikan secara internasional membuat harganya kian melambung tinggi. Para klien senang membeli couture  untuk eksklusivitas dan privasi yang ditawarkan lewat sistem.

Proses Pembuatan Di Haute Couture

Desainer membuat desain awal dengan menggunakan kain muslin/kasa, atau kain kanvas atau belacu untuk pakaian yang lebih terstruktur. Model-model sampel disebut Toiles. Toile dapat dimanipulasi, ditandai dan disesuaikan agar sesuai dengan pengukuran model hidup tertentu sampai desainer dan staf penjualan-nya semua puas.



Setelah puas desainer menginstruksikan stafnya untuk membuat pakaian dengan bahan pilihan dan eksklusif. Satu penjahit akan bekerja pada satu garmen dari awal sampai akhir. Pemotongan dan finishing dilakukan dalam satu ruangan dan manager bertanggung jawab untuk segala sesuatu yang diproduksi di ruangan itu.



Before-Sales Di Haute Couture

Ketika pelanggan memutuskan untuk memesan pakaian Haute Couture dia perlu terlebih dahulu membuat janji dengan rumah desain sebelum kunjungan. Beberapa rumah couture menyediakan video koleksi-koleksi untuk pembeli serius.

Setelah diberi janji klien akan dilayani oleh seorang vendeuse, seorang pramuniaga yang bertanggung jawab dalam pesanan klien dan pengawasan alat kelengkapannya. Vendeuse mendapatkan komisi disetiap penjualan pakaian dari klien.



Dari saat klien diterima di salon, dengan keramahan dan selera humor yang tepat vendeuse berinteraksi untuk kelancaran pemesanan. Masalah yang sering timbul biasanya ada klien dari kota lain yang ingin pakaian dengan desain dan warna sama yang pernah di pesan oleh klien sebelumnya . Vendeuse harus tahu benar cara mengatasi masalah masalah 'pergengsian' tersebut.


  »

Setiap sistem dibuat untuk kebutuhan setiap klien. Setelah memilih model yang dia inginkan, pelanggan diukur dan harus siap untuk 3 kali fitting, kadang-kadang lebih.

Vendeuse melakukan diskusi antara staff gudang, embroiderers, furriers dan klien. Pemeriksaan hingga sebuah pakaian layak dilepas sebagai couture dilakukan juga oleh Vendeuse.

Klien Ekslusif

Kadang-kadang desainer bekerja untuk label mereka sendiri dan kadang-kadang mereka bekerja untuk rumah Haute Couture terkenal. Sangat sedikit penjualan couture yang terjadi dalam setahun, jarang sekali terjadi penjualan total melebihi 1500 kali di setiap rumah couture. Tidak mengherankan bila hanya ada sekitar 3.000 perempuan atau lebih di seluruh dunia yang benar-benar mampu untuk membeli pakaian di level tertinggi, dan kurang dari 300 yang membeli secara teratur.

Trik 'Menjual Mimpi'

Karena itu, Haute Couture seringkali mengalami kerugian. Rumah couture hanya menjual persentase yang sangat terbatas ke sejumlah kontrak pelanggan. Keuntungan dari kegiatan ini sering diabaikan, sebesar kurang dari sepuluh persen dari keuntungan kotor dari nama couture atau bahkan kadang-kadang rugi.

Mungkin banyak dari kita bertanya-tanya apa gunanya penjualan dengan persentase rendah. Jawabannya terletak pada trik 'menjual mimpi'. Busana yang dibuat menarik perhatian media besar dan mendapatkan publisitas besar untuk rumah couture. Mereka menjual mimpi yang tidak akan terwujud bagi orang biasa.



No comments:

Post a Comment